Moeldoko Optimis Pelayanan Arus Mudik Lebaran akan Semakin Baik

oleh -626 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia  – Rapat koordinasi kesiapan mudik lebaran 2023 dihadiri perwakilan seluruh kementerian/lembaga dan badan usaha pelaksana teknis penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran.

Di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, Basarnas, BMKG, dan sejumlah badan usaha, seperti Badan Usaha Pengelola Jalan Tol, Pelindo, Pelni, Angkasa Pura.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko optimistis pelayanan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 menjadi lebih baik.

“Peningkatan pelayanan mudik selalu berorientasi pada hasil evaluasi sebelumnya. Itu yang membuat kinerja kita akan semakin baik,” ujar Moeldoko dalam keterangannya di Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa  (11/4/2023).

Hal ini merujuk pada kesiapan seluruh kementerian/lembaga dan badan usaha pelaksana teknis penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran yang terus meningkat dan optimal dari tahun ke tahun.

Moeldoko menegaskan, masing-masing kementerian/lembaga dan badan usaha telah mengerahkan seluruh sumber daya untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran berjalan maksimal. Baik dari sisi infrastruktur dan transportasi, pasokan BBM dan listrik, serta kesiapan pengamanan.

“Contohnya untuk melayani pemudik yang menggunakan mobil listrik. Disiapkan 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum  [ SPKLU ] di 12 titik. Tadi saya minta untuk disosialisasikan dan dipastikan dengan benar di mana saja titik-titiknya,” terangnya.

Dia tidak bisa memungkiri jika nanti pada pelaksanaan mudik dan balik akan terjadi berbagai kendala di lapangan. Untuk itu, Ia menekankan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif. Seperti ketersediaan BBM di jalan tol jika terjadi kemacetan, keberadaan pasar tumpah, dan terjadinya antrean kendaraan di SPBU dan tempat peristirahatan di jalan tol.

“Jangan sampai kerja keras kita menjadi tidak berarti hanya karena tidak punya skenario untuk mengantisipasi persoalan-persoalan di lapangan. Sekali lagi, tolong perhatikan betul kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di lapangan,” kata Moeldoko.

Dia juga menyampaikan apresiasinya atas kinerja seluruh kementerian/lembaga dan badan usaha pelaksanaan teknis penyelenggaraan arus mudik lebaran yang sudah menjalankan tanggung jawab sesuai dengan otoritas dan kewenangan masing-masing.

“Saya harap ada kolaborasi dan harmonisasi dari seluruh pelaksana sehingga masyarakat benar-benar merasakan pemerintah telah bekerja untuk memberikan pelayanan mudik yang aman dan nyaman,” terang Moeldoko. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.