Pemerintah Komitmen terhadap Keberlanjutan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

oleh -998 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Memperingati 8 tahun perjalanan dan keberhasilan Proyek Strategis Nasional (PSN), Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP)  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar acara jalan santai di sepanjang jalur Car Free Day dengan rute MRT Istora Mandiri – Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Minggu (14/5/2023).

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah untuk terus mendorong pembangunan infrastruktur dan percepatan penyelesaian PSN yang inklusif, berkelanjutan, dan merata di seluruh wilayah Indonesia, guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 yang berdaulat, maju, adil, dan makmur.

Selaku Ketua KPPIP, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus mendorong percepatan penyelesaian PSN agar tidak ada proyek yang mangkrak di tahun 2024 nanti.

Menko Airlangga juga meyakinkan bahwa beberapa proyek PSN yang lewat periode 2024 financial closing-nya sudah selesai, sehingga proyeknya akan terus dilanjutkan.

“Ada beberapa proyek PSN yang sudah financial closing dan tentunya akan dilanjutkan. PSN telah terbukti menyelesaikan berbagai proyek-proyek strategis nasional, dan Pemerintah memberikan fasilitas,” tukas Airlangga dalam siaran persnya.

Hingga Mei 2023, pemerintah telah mengakselerasi pembangunan sebanyak 156 PSN dengan total nilai investasi sebesar Rp1.080,2 triliun. Keberhasilan PSN telah memberikan dampak signifikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama pada sektor infrastruktur penunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, serta hilirisasi industri dan penunjang investasi.

Beberapa proyek PSN tentunya telah memberikan dampak signifikan kepada Indonesia, antara lain beroperasinya MRT dan LRT pertama di Indonesia dan penambahan jaringan jalur kereta api sepanjang lebih dari 1.000 km. Selain itu, juga telah dibangun puluhan bendungan untuk menambah persediaan air baku, mereduksi potensi banjir, dan memproduksi energi listrik.

Penambahan panjang jalan tol juga telah dilakukan sebanyak tiga kali lipat sejak 2014 dan pembangunan tiga Sistem Pengolahan Air Minum dengan skema KPBU yang memberikan layanan kepada lebih dari 2 juta orang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Pertanian, Menteri Parekraf, Direktur Pembangunan Bisnis MRT, serta perwakilan dari berbagai K/L dan stakeholders terkait. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.