KPU Diminta Selesaikan Kasus Pemilih Siluman di Pemilu 2024

oleh -265 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyelesaikan masalah pemilih siluman dan pemilih ganda dalam Pemilihan Umum/Pemilu 2024.

Untuk diketahui, kasus pemilih siluman dan pemilih ganda dalam Pemilihan Umum/Pemilu 2024 masih terus ada. Badan Pengawasan Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mencatat ada 5.874 pemilih yang tidak memiliki alamat yang jelas dan 4.000 pemilih ganda untuk Pemilu 2024.

“KPU agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil/Disdukcapil untuk segera melakukan verifikasi data pemilih agar didapat data valid dan riil,” ujar Bamsoet dalam siaran persnya, Jumat  (26/5/2023).

Pihaknya, sambungnya, juga minta KPU bersama Bawaslu memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kita juga minta KPU untuk melakukan pencermatan kembali secara faktual terhadap data pemilih Pemilu, dan mengoptimalkan seluruh program maupun aplikasi yang bertujuan untuk mengakurasi data pemilih,” tegasnya.

Politisi Partai Golkar itu juga minta KPU mengantisipasi dan menyisir data penduduk secara maksimal untuk mencegah data ganda akibat perekaman ganda Kartu Tanda Penduduk atau KTP elektronik. (Wn)

No More Posts Available.

No more pages to load.