Jelang Hari Raya Kurban, Pemerintah Diminta Telusuri Penyakit Berbahaya pada Sejumlah Sapi

oleh -707 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama Dinas Pertanian dan Peternakan melakukan penelusuran penyakit berbahaya pada sejumlah sapi di berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, menyikapi adanya temuan sejumlah sapi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan disinyalir mengidap penyakit berbahaya jelang Hari Raya Kurban.

“Kita minta agar dilakukan penanganan cepat dan tepat untuk mencegah merebak atau meluasnya penyakit pada hewan ternak sapi yang disebut berbahaya tersebut,” ujarnya dalam siaran persnya, Selasa (30/5/2023).

Politisi Partai Golkar itu juga minta pemerintah bersama pihak-pihak terkait melakukan langkah antisipasi sejak dini dengan menyiapkan tim pemeriksa hewan ternak yang bertugas mengawasi serta memastikan stok sapi baik di RPH maupun pedagang hewan musiman benar-benar telah melalui pengecekan kesehatan maksimal agar lebih terjamin dan aman khususnya untuk keperluan Hari Raya Kurban.

“Kita juga minta pemerintah mempertimbangkan adanya pemberian sertifikat bagi hewan-hewan ternak yang dinyatakan sehat dan terhindar dari wabah penyakit. Dengan begitu, dapat memberikan rasa tenang kepada masyarakat yang memiliki niat berkurban,” terangnya.

Pihaknya, sambung mantan Ketua DPR RI itu, mendorong masyarakat  agar tetap waspada ketika membeli hewan kurban untuk keperluan Hari Raya Idul Adha.

“Dan disarankan agar memperoleh sapi kurban dari sumber yang lebih terjamin kesehatannya, seperti RPH yang telah tersertifikasi halal,” tukas Bamsoet. (Wan)

No More Posts Available.

No more pages to load.