Kementerian ESDM Minta Alokasi Dana CSR untuk Masyarakat

oleh -608 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Strategi Pencapaian Energi Transisi Ego Syahrial berharap dana Corporate Social Responsibility (CSR) dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat yang membutuhkan misalnya, membantu pertumbuhan ekonomi atau membantu memberikan bantuan penerangan listrik kepada masyarakat yang tidak mampu terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

 

“Rasio elektrifikasi saat ini baru mencapai 99,63%, sehingga masih terdapat saudara-saudara kita, khususnya yang tersebar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal sekitar 0,37% atau sekitar 1 juta masyarakat yang sama sekali belum mendapatkan akses listrik,” ujar Ego di acara puncak penganugerahan penghargaan TOP CSR Awards 2023 hari ini di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

 

Peningkatan akses listrik tersebut, lanjut Ego, dapat dilakukan melalui program pembangunan pembangkit energi baru secara kecil dengan memanfaatkan potensi setempat seperti tenaga surya, hidro, dan bio massa, khususnya untuk daerah yang sulit dijangkau oleh perluasan jaringan PLN.

 

Selain sektor energi, bantuan dana CSR juga dapat diberikan untuk membantu kegiatan sektor lainnya seperti ekonomi sektor kesehatan dan program pemberdayaan masyarakat.

 

“CSR diharapkan dapat mendorong kemandirian ekonomi setempat melalui berbagai program, seperti program pembinaan dan pendampingan terhadap kegiatan UMKM. Penguatan UMKM dapat dilakukan melalui bantuan modal usaha, sarana prasarana, peralatan teknologi, serta bantuan pemasaran melalui digitalisasi, sehingga dapat membuka akses pasar yang lebih luas. Di sektor Kesehatan perusahaan melalui dana CSR dapat berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus yang cerdas dan sehat,” ungkapnya.

 

Ego Syahrial hadir di acara puncak penganugerahan penghargaan TOP CSR Awards 2023. TOP CSR Awards ini merupakan ajang pemberian penghargaan tertinggi ke perusahaan di Indonesia dengan kriteria utama keberhasilan dalam menjalankan program CSR dengan pendekatan Creating Shared Value (CSV).

 

Pada tahun 2023, TOP CSR Awards mengusung tema CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth. Ajang penghargaan untuk CSR tertinggi di Indonesia ini sudah berlangsung tiap tahunnya dari tahun 2017.

 

“Selamat kepada para pemenang TOP CSR Awards tahun 2023. Semoga para pemenang TOP CSR Awards tahun 2023 dapat menginspirasi semua pihak untuk selalu terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan dengan menciptakan dan terobosan program-program CSR,” ujar Ego. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.