Perkuat Kerja Sama Bilateral Lewat Solusi Teknologi Digital HunIndoTech 4.0

oleh -1276 Dilihat
Kedutaan Besar Hungaria dan Kadin Indonesia Gelar HunIndoTech 4.0 Guna Perkuat Kerja Sama Bilateral Lewat Solusi Teknologi Digital
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia.id – Kedutaan Besar Hungaria bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyelenggarakan HunIndoTech 4.0 Business Forum pada 14 November 2023, di Hotel Westin, Jakarta.

Forum ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pemerintah dan swasta kedua negara di bidang ekonomi digital dan sektor-sektor yang terkait.

Ajang ini juga menjadi sarana meningkatkan wawasan, menciptakan ide baru dan berbagi pengalaman best practice di berbagai sektor, sekaligus membangun jejaring bisnis yang lebih luas antara pengusaha Indonesia dan Hungaria.

Baca Juga: Menteri ESDM Tawarkan Forum ASEAN-China Pengembangan Energi Bersih

Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay, mengatakan bahwa HunIndoTech merupakan forum rutin yang menunjukkan komitmen Hungaria untuk mempererat hubungan bilateral dengan Indonesia, khususnya melalui pemanfaatan dan penerapan solusi teknologi canggih.

“Hungaria dan Indonesia memiliki hubungan baik yang sudah terjalin lebih dari 68 tahun dan kami terus berupaya untuk meningkatkannya, baik dalam hal kerja sama pemerintah maupun sektor swasta dan bisnis. Melalui HunIndoTech 4.0 Business Forum, Kedutaan Besar Hungaria bersama Kadin akan memfasilitasi perusahaan-perusahaan kedua negara untuk membangun jaringan dan mencipatakan kemitraan strategis yang saling menguntungkan,” ujar Lilla.

Lilla menambahkan, penyelenggaraan HunIndoTech 4.0 Business Forum mencerminkan kian dinamisnya hubungan Hungaria-Indonesia yang sejalan dengan kebijakan perdagangan luar Hungaria untuk semakin terbuka dengan timur melalui kebijakan ‘Opening to the East’ serta ambisi Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045.

“Hungaria mendukung tercapainya Visi Indonesia Emas untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia di 2045. Kami berharap, melalui investasi yang kami lakukan serta penyelenggaraan forum bisnis seperti halnya HunIndoTech mampu mengakselerasi pembangunan di Indonesia untuk mencapai target di 2045,” kata Lilla.

Hungaria belakangan tengah meningkatkan investasinya di Indonesia terutama dalam hal solusi teknologi digital, yaitu melalui proyek Multi Lane Free Flow .

Sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh yang menjadi proyek strategis nasional ini dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan Hungaria – Indonesia.

“MLFF menjadi kisah sukses dalam perdagangan dan invetasi luar negeri Hongaria pada tahun 2021. Ini adalah ekspor transfer teknologi terbesar dalam sejarah ekonomi modern Hungaria,” ungkap Lilla.

Reza A Maulana, Wakil Ketua Komite Bilateral Hungaria dan Kroasia, Kadin Indonesia, mengapresiasi penyelenggaraan HunIndoTech 4.0 Business Forum.

Melalui forum ini, Kadin juga mendorong pelaku industri untuk meningkatkan kolaborasi dalam rangka akselerasi transformasi digital guna mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan sebagaimana Visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Transformasi Digital Lewat Program e-Smart IKM

HunIndoTech 4.0 Business Forum berisi kegiatan diskusi panel yang mengangkat lima tema, yaitu peningkatan sektor transportasi dan logistik melalui teknologi MLFF, transformasi digital, pembangunan berkelanjutan di Ibu Kota Negara Nusantara, Industry 4.0 dan teknologi 5G, serta keamanan siber sebagai bagian integral dalam sistem pertahanan.

HunIndoTech 4.0 Business Forum dihadiri oleh sekitar 100 peserta dan narasumber dari berbagai kementerian dan lembaga, perbankan, pebisnis dan pelaku start-up, akademisi, serta praktisi dan asosiasi. Forum ini juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljo. (GIO)

No More Posts Available.

No more pages to load.