Beri Donasi ke Palestina, Baznas: Hanya Memungkinkan lewat Mesir

oleh -2912 Dilihat
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Ketua Badan Zakat Amal Nasional (Baznas) Noor Achmad mengemukakan Indonesia akan kembali menyalurkan donasi kemanusiaan ke Palestina setelah sebelumnya pada tahap pertama, Indonesia telah memberikan donasi berupa barang dan perlengkapan sebesar 50,8 ton.

Dalam tahap kedua ini, Baznas akan mengkoordinasikan bantuannya kepada beberapa lembaga asal Mesir yang memiliki jalur untuk memberikan sumbangan donasi ke Palestina.

Ketiga lembaga itu adalah Lembaga Filantropi lokal Misr Al-Kheir, Bayt Zakat dan Shadaqat Mesir, serta Egyptian Red Crescent yang memiliki jaringan dengan Red Cross Palestina.

“Tahap kedua, kami akan kordinasikan dengan beberapa lembaga yang ada di Mesir yaitu lembaga zakat dan sosaqoh yang ada disana seperti Lembaga Filantropi lokal Misr Al-Kheir, Bayt Zakat dan Shadaqat Mesir, ini yang Insya Allah kita jadikan sebagai teman kerja sama disana,” kata Noor Achmad, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, Mesir merupakan salah satu jalur yang memungkinkan untuk mengirimkan donasi. Sementara, beberapa jalur seperti Yordania masih belum bisa dilewati karena masih ditutup akibat perang Hamas-Israel.

“Setau kami saat sekarang ini bantuan-bantuan itu hanya bisa melalui Mesir, melalui Rafah, itu aja kalau dibuka. Tapi sekarang dibuka terus. Melalui Yordania belum dibuka,” tandasnya.

Noor menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penjajakan dengan mahasiswa-mahasiswa yang berada di Mesir untuk membuat titik-titik posko bantuan melalui tiga lembaga yang ada di Mesir.

“Dan kami sedang menjajaki apakah kami perlu bekerja sama dengan teman-teman mahasiswa di sana untuk membuka posko khusus Palestina yang ada di Mesir,” terangnya.

“Karena ada beberapa permintaan bahkan mereka juga akan mencarikan tempat untuk posko-posko tersebut ini yang sedang kami jajaki, tetapi dengan lembaga-lembaga yang tadi kami sebutkan Insya Allah kita bisa mendonasikan Palestina melalui Mesir,” lanjutnya.

Dalam kesempatan sama, MUI memberikan donasi untuk Palestina sebesar Rp23 miliar. Ini merupakan donasi kedua yang diberikan oleh MUI setelah sebelumnya telah memberikan donasi di tahap pertama sebesar Rp25 miliar. (Dian

No More Posts Available.

No more pages to load.