Ganjar-Mahfud Hadir di Sidang Perdana Sengketa Hasil Pemilu 2024 di MK 

oleh -547 Dilihat
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ditemani puluhan advokat dan konsultan hukum yang tergabung dalam Tim Hukum Ganjar-Mahfud akan hadir dalam sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 (PHPU Presiden) yang akan digelar pada Rabu (27/3/2024).

Rencananya Ganjar-Mahfud beserta puluhan advokat akan bersama-sama berangkat dari Hotel Mandarin menuju Mahkamah Konstitusi pada pukul 12 siang.

Sidang yang nantinya akan digelar pada pukul 13.00 siang itu akan diawali dengan pidato yang dari Ganjar-Mahfud sekitar 10 menit dilanjutkan dengan pembacaan gugatan serta argumen dari tim hukum.

Diketahui sebelumnya MK telah meregistrasi permohonan PHPU Presiden Tahun 2024 yang dimohonkan Tim Hukum Ganjar-Mahfud pada Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) melalui sistem e-BRPK, pada Senin lalu (25/3/2024).

Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menjelaskan, telah terjadi praktik nepotisme dan abuse of power di seluruh penjuru Indonesia selama penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 (Pilpres 2024)

“Penyelenggaraan Pilpres 2024 yang sudah ditentukan hasilnya melalui cara-cara yang melawan hukum dan melanggar etika merupakan lonceng kematian bagi tatanan sosial-politik di Indonesia,” kata Todung dalam keterangannya yang diterima pada Rabu (27/3/2024).

Oleh karena itu, pihak Ganjar meminta kepada MK sebagai pelindung dari demokrasi dan pelindung dari konstitusi perlu mengambil sikap mendiskualifikasi paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menjadi sumber dari segala nepotisme, yang kemudian melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Todung, ada dua argumen yang menjadi dasar permintaan Pemohon yaitu: pertama, terdapat pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis, dan massif (TSM) berupa nepotisme yang kemudian melahirkan abuse of power terkoordinasi guna memenangkan paslon 02 dalam 1 putaran pemilihan. Kedua, terdapat berbagai pelanggaran prosedur pemilihan umum dalam setiap tahapan Pilpres 2024. (Dian)

No More Posts Available.

No more pages to load.