Turki Surganya Roti, Kamu Sudah Tahu Belum Jenis-Jenisnya?

oleh -1078 Dilihat
Ekmek
banner 468x60

Ankara, ebcmedia – Turki sebuah negara yang berada di benua Eropa ini memiliki banyak sekali jenis roti.

Berbeda dengan Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi, Turki mempunyai roti sebagai makanan pokok sehari-hari.

Ibaratnya, orang Turki belum makan kalau belum makan roti.  Walaupun begitu, mereka juga tetap memakan makanan seperti nasi, biji-bijian, hingga daging-dagingan.

Dari banyaknya roti di Turki, EBC Media yang berkesempatan menyambangi Kota Ankara, Turki,  merangkum roti yang paling popular. Penasaran? Yuk Langsung dilihat

1. Simit

Roti yang berbentuk bundar ini sangat banyak ditemui di pinggir jalan maupun restoran. Simit dijuluki bagel-nya Turki. Dilansir dari BBC Good Food, Simit sangat populer untuk sarapan dan cemilan.

Biasanya, Simit dimakan menggunakan selai keju atau cokelat. Banyak pula yang memakannya memggunakan sayur-sayuran, daging-dagingan.Roti SimitDilansir dari Taste Atlas, Simit sudah dikonsumsi di Istanbul Turki dari tahun 1500-an.

2. Pogaca

Selain Simit, roti Pogaca menjadi salah satu roti populer di Turki. Pogaca sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, coffee shop, maupun restoran. Pogaca juga biasanya dimakan saat sarapan atau untuk cemilan. Biasanya Pogaca disantap oleh para pekerja yang sedang buru-buru berangkat bekerja di pagi hari. Selain itu banyak juga digunakan untuk mengganjal perut, bekal sekolah, maupun suguhan tamu.

Pogaca biasanya diberi topping berupa wijen maupun jintan hitam. Pogaca disantap oleh orang Turki menggunakan black tea ataupun jenis sup seperti lentil, kelle paça, tripe, ezogelin, dan yoghurt.

Roti Pogaca

3. Lavash

Lavash biasa juga disebut flat-bread atau roti pipih. Sebelum disantap, Lavash biasanya melalui proses pemanggangan terlebih dahulu. Setelah itu, Lavash biasanya dihidangkan dengan daging, döner, kebab, hummus maupun çiğköfte.

Selain Turki, Lavash juga terkenal di negara Kaukasian, Iran, Azerbaijan dan juga Armenia. Bahkan, Lavash dikenal sebagai roti khas Armenia.

Roti Lavash

4. Ekmek

Ekmek atau roti tawar menjadi roti salah satu populer di Turki. Ekmek biasanya dimakan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Biasanya dimakan menggunakan sup seperti lentil, kelle paça, tripe, ezogelin ataupun makanan pendamping lainnya.

Roti Ekmek

5. Ramazan Pidesi

Ramazan Pidesi merupakan salah satu roti tradisional Turki yang biasanya ditaburi oleh biji wijen.

Dilansir dari Taste Atlas, roti yang berbentuk bulat datar ini biasanya disajikan selama bulan ramadhan. Orang Turki banyak menyantapnya saat berbuka puasa maupun saat sahur.Roti Ramazan Pidesi

Itulah dia beberapa roti populer yang biasa dikonsumsi orang Turki. Kamu tertarik mencobanya yang mana nih?

(Dian)

No More Posts Available.

No more pages to load.