Embarkasi Medan Terapkan Pelayanan Satu Atap

oleh -717 Dilihat
oleh
banner 468x60

Medan, ebcmedia – Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara pada pemberangkatan jamaah haji tahun 1444H menerapkan pelayanan satu atap (one stop service).

Program ini merupakan perdana diterapkan dan hingga saat ini persiapannya sudah rampung 98 persen.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut, H Zulfan Efendi didampingi Kabid Penerimaan dan Pemberangkaan yang juga Ketua Tim Bina Haji Reguleer dan Advokasi Haji Kanwil Kemenagsu, Torang Rambe kepada wartawan, Jumat (19/5/2023).

Ia menyebutkan dengan pelayanan satu atap ini pada kedatangan jamaah haji dari kabupaten kota tahun ini, akan diterima di satu tempat yang sama.

Dalam pelaksanaan pelayanan satu atap ini akan menghemat dan mengefisienkan waktu hingga belasan jam, sebelum jamaah bertolak menuju Tanah Suci.

Dengan program ini, estimasi penerimaan jamaah hinggga masuk ke kamar, diperkirakan sekira 3 jam saja.

Ini dimulai dari pemeriksaan kesehatan, penyerahan surat panggilan masuk haji (SPMA), penyerahan boarding pass, pembagian gelang, pembagian paspor, pembagian living cost, pembagian kamar dan jamaah calon haji langsung masuk kamar.

Dalam one stop service ini juga dibedakan pelayanan antara jamaah laki-laki dengan perempuan.

Untuk kesiapan panitia, sebut Zulfan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala UPT Asrama Haji sebagai penanggungjawab akomodasi, sudah 98 persen.

“Dan nanti, kita akan mengadakan penguatan tugas pokok dan fungsi dan simulasi Jadi ini memang persoapan harus maksimal karema kita mau dan kita komit bersama2 penyelenggara haji tajin ini Sumatera Utara yang terbaik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Medan, Ramlan Sudarto SH menyampaikan pihaknya sudah siap menerima kedatangan jamaah calon haji(Calhaj) pada 23 Mei mendatang. *** Red

 

 

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.