Serah Terima Motor Hasil Konversi dari Kementerian ESDM ke Kementerian Keuangan

oleh -1752 Dilihat
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) pada tahun 2023 ini melaksanakan program konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik milik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dengan target sebanyak 350 unit.

Saat ini, tercatat 21 kementerian/lembaga, 23 pemerintah daerah dan 2 institusi pendidikan milik pemerintah (PTN) yang bersedia berpartisipasi mengkonversi motor BBM berstatus BMN menjadi motor listrik berbasis baterai, salah satunya adalah Kementerian Keuangan.

“Pada hari ini, dilakukan serah terima motor hasil konversi dari Kementerian ESDM kepada Kementerian Keuangan. Dengan adanya motor konversi ini Kementerian Keuangan telah melaksanakan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle),” beber Direktur Jenderal EBTKE Yudo Dwinanda Priaadi di Acara Serah Terima Motor Hasil Konversi dan Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dari Kementerian ESDM ke Kementerian Keuangan, pada Kamis (30/11/2023).

Selain motor hasil konversi bersamaan diserahkan pula Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) PT PLN (Persero) untuk mempermudah dan mempercepat proses pengisian baterai melalui sistem penukaran baterai yang hanya membutuhkan waktu 2 menit saja.

Yudo berharap, melalui Serah Terima Motor Hasil Konversi dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) Dari Kementerian ESDM Kepada Kementerian Keuangan, dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat, serta mempercepat pengembangan ekosistem KBLBB demi kualitas udara yang lebih baik.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyambut baik kerja sama yang terbangun antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian ESDM terkait dengan implementasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 karena ini merupakan suatu awalan yang baik.

“Penyerahan motor konversi kepada Kementerian Keuangan ini merupakan awalan yang baik karena Kementerian Keuangan adalah kementerian pertama yang diberikan oleh Kementerian ESDM untuk mengirim motor yang akan dikonversi dan sudah kembali termasuk diberikan SPBKLU,” ucap Heru. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.