Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran, Tiket KAI Terjual 3 Juta Lebih

oleh -1878 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025. Tercatat Hingga hari ini, 26 Maret 2025 pukul 14.00 WIB tadi, KAI telah menjual 3.026.106 tiket atau sekitar 66% dari total kapasitas yang disediakan. Dari jumlah tersebut, 2.770.962 tiket merupakan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan tingkat okupansi mencapai 80%, sementara 255.144 tiket lainnya merupakan tiket KA Lokal dengan okupansi sekitar 22%.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, jumlah penumpang terus meningkat seiring dengan mendekatnya puncak arus mudik Lebaran. “Kami optimis penjualan tiket Lebaran akan terus bertambah. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan pelayanan terbaik,” kata Anne saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2025).

Ia menjelaskan, selama periode Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan total 4.591.510 tempat duduk. Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk KAJJ, sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk KA Lokal. Hingga saat ini, KAI telah melayani 1.015.379 penumpang di berbagai rute di Pulau Jawa dan Sumatera.

Adapun, kata Anne, stasiun-stasiun utama dengan jumlah keberangkatan tertinggi meliputi Stasiun Pasar senen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Bekasi, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang Bank Jateng, Lempuyangan, dan Bandung.

Upaya KAI untuk Kelancaran Mudik

Untuk memastikan kelancaran perjalanan selama masa mudik, KAI telah menyiapkan berbagai langkah, termasuk optimalisasi layanan operasional, peningkatan fasilitas di stasiun, serta pengaturan jadwal perjalanan yang fleksibel. KAI juga melakukan perawatan berkala dan pemeriksaan menyeluruh terhadap rangkaian kereta api guna memastikan kondisi armada tetap prima.

Selain itu, KAI mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan pembelian tiket secara online melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id guna menghindari antrean di stasiun dan mendapatkan harga terbaik. Bagi pelanggan yang telah memiliki tiket, KAI menyarankan agar tiba di stasiun lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan arus penumpang.

“KAI terus berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu selama masa Angkutan Lebaran. Dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan mudik dengan lancar dan berkesan,” tutup Anne.

(AR)

No More Posts Available.

No more pages to load.