BNPB & KLHK Diminta Mengatasi Kathutla yang Mulai Meningkat

oleh -602 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Seiring berakhirnya musim penghujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan, bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai meningkat frekuensinya.

Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo minta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama BNPB segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang telah terdeteksi di sejumlah wilayah, seperti di tiga provinsi utama Sumatera dan tiga provinsi utama Kalimantan.

“Di samping terus berupaya menanggulangi potensi kebakaran hutan dan lahan dengan menggalakkan patroli, pemantauan titik panas hingga modifikasi cuaca,” tukas Bamsoet dalam siaran persnya, Selasa (18/4/2023).

KLHK melalui Satgas Karhutla, sambungnya, juga diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi antarsatuan, terutama saat memasuki musim kemarau, sebagai upaya penanggulangan potensi terjadinya karhutla secara efektif, efisien dan terpadu.

“Kita juga minta KLHK bersama pemerintah daerah lebih meningkatkan dan mengintensifkan pengendalian karhutla dengan mengutamakan pencegahan melalui pemantauan titik api, sosialisasi pencegahan karhutla terhadap polhut maupun masyarakat, mengintensifkan patroli, menggerakkan posko pemantauan, mengkoordinir potensi daerah serta meningkatkan koordinasi antarpihak terkait,” tukas mantan Ketua DPR RI itu.

Politisi senior Partai Golkar itu juga minta komitmen pemerintah terkait dalam mencari solusi permanen untuk jangka panjang dari persoalan ancaman karhutla yang terus terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Pasalnya upaya yang selama ini dilakukan masih kurang cukup maksimal, sehingga perlunya pengelolaan dan penanganan yang lebih tepat dan matang,” paparnya. (Wn)

No More Posts Available.

No more pages to load.