Cerita Hada Anak Indro Warkop saat Jadi Support System Ibunda Melawan Kanker Paru

oleh -1185 Dilihat
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Putri dari komedian sekaligus aktor senior Indro Warkop, Hada Kusumonegoro menceritakan bagaimana dirinya menjadi seorang caregiver atau perawat saat almarhum ibundanya terkena kanker paru.

Menurut Hada, support system untuk seorang pengidap kanker merupakan hal yang sangat penting dalam masa perawatan.

Awalnya, Hada mengaku dunianya runtuh saat mendengar orang tersayangnya harus mengidap penyakit mematikan itu. Namun ia tersadar, larut akan kesedihan tidak akan menyelesaikan masalah.

“Saya ingat sekali, ketika alm. Ibu saya didiagnosis mengidap kanker paru, saya merasa dunia saya runtuh seketika. Apalagi bagi alm. Ibu saya. Sudah pasti, dunianya pun hancur berantakan juga. Tapi, saya tidak bisa terus hanyut dalam kehancuran itu,” kata Hada dalam konferensi pers bertajuk Setiap Detik, Setiap Jam, Setiap Hari, Setiap Tambahan Hari Esok Akan Sangat Berarti Untuk Pasien Kanker Paru dan Keluarganya’, pada Jumat (24/11/2023).

“Ibu dan keluarga butuh pegangan untuk bertahan dan melalui cobaan yang kami terima ini,” lanjutnya.

Hada yang awalnya hancur bisa bangkit, memutuskan menjadi pendamping yang kuat untuk almarhum ibundanya. Ia mengaku selama menjalani perawatan, ibundanya dikelilingi oleh tenaga medis terbaik, yang merawat almarhum ibundanya menghadapi kanker paru.

“Saya pun tersadar bahwa saya harus menjadi pendamping yang kuat untuk bisa menguatkan alm. Ibu. Untungnya, saya bertemu dengan para tenaga medis terbaik semasa saya menemani alm. Ibu berobat untuk menghadapi kanker parunya,” jelasnya.

Dengan pengalamannya itu, ia mengatakan support system untuk para pasien sangat diperlukan selama menjalani perawatan.

“Maka dari itu, saya setuju sekali kalau para pasien kanker paru, dan penyakit apapun, memang harus memiliki support system terbaik yang bisa menguatkan mereka melewati hari-harinya. Karena setiap hari esok sangat bermakna bagi kami,” terangnya.

Hada menjelaskan, ada banyak tipe caregiver di masyarakat. Ia juga mengapresisasi seorang caregiver karena memiliki peran penting yang kadang sering terlupakan oleh orang banyak.

Sebagai informasi, Ibunda Hada sekaligus istri Indro ‘Warkop’, almarhum Nita Octobijanthy didiagnosis terkena kanker paru pada 10 Agustus 2017 lalu.

Sebelumnya Nita mengalami gejala batuk yang tak kunjung sembuh bahkan sudah berlangsung selama enam bulan. Tepat selama setahun dua bulan setelah divonis kanker, Nita menutup usia pada t 9 Oktober 2018. (Dian)

No More Posts Available.

No more pages to load.