Kasus Perdagangan Orang Marak, Polisi Diminta Tingkatkan Kinerja

oleh -130 Dilihat
oleh
Ilustrasi.
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Kapolri melalui Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandara Soetta diminta terus meningkatkan kinerjanya, khususnya mengungkapkan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) melalui Bandara Soetta.

Hal ini disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soessatyo menyikapi aksi Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandara Soetta yang  berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terhadap pengiriman 10 orang calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tujuan negara Serbia

“Dan terhadap terduga pelaku yang telah berhasil ditangkap dan diamankan, agar segera diproses sesuai dengan Pasal 10 dan Pasal 11 juncto Pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau Pasal 81 juncto Pasal 60 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia,” ujar Bamsoet dalam siaran persnya, Senin (25/3/2024).

Dia juga minta agar kasus TPPO ini terus didalami dengan menginvestigasi pelaku sehingga dapat diusut sampai ke jaringan terdalam.

Pemerintah, sambung Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, dalam hal ini BP2MI, untuk terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, utamanya yang akan bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran, untuk memperhatikan prosedur pemberangkatan pekerja migran secara legal, hingga agen-agen resmi yang terdaftar, di samping memberikan peringatan untuk tidak mudah tergiur dengan jalan pintas ataupun upah yang besar.

“Kita juga minta pemerintah membenahi secara serius prosedur keberangkatan pekerja migran Indonesia ke luar negeri guna mencegah dan menutup celah keberangkatan pekerja migran secara ilegal yang berpotensi menyebabkan terjadinya TPPO,” terang Bamsoet.

Mantan Ketua DPR RI itu juga meminta komitmen Kementerian Ketenagakerjaan/Kemenaker dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/BP2MI untuk serius menangani dan mengatasi kasus-kasus TPPO yang masih marak terjadi di Indonesia.

“Yakni dengan berfokus pada upaya pencegahan dan penanganan, sehingga kasus TPPO di masa mendatang dapat lebih diminimalisir,” tandasnya. (Wn)

No More Posts Available.

No more pages to load.