Waspada, Debit Pintu Air Manggarai Meningkat ke Level Siaga 3, Warga Bantaran Kali Diimbau Waspada Banjir Kiriman

oleh -94 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta,ebcmedia-Hujan deras yang mengguyur kawasan hulu Sungai Ciliwung membuat debit air di Pintu Air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat meningkat menjadi level siaga 3 atau pada ketinggian 830 sentimeter, Sabtu (25/5/2024).

Peningkatan debit air terjadi lantaran tingginya intensitas hujan di wilayah hulu Sungai ciliwung seperti Bogor dan Depok yang mengakibatkan aliran Kali Ciliwung meluap.

“Untuk saat ini di Pintu Air Manggarai masih di siaga 3 dengan ketinggian 830 sentimeter, itu sudah mau masuk siaga 2. Peningkatan air ini dari tadi pagi baru mulai naik dikarenakan ada kiriman dari Katulampa Bogor, karena ada turun hujan dengan curah yang lumayan juga di Bogor dan Depok,” terang Operator Pintu Air Manggarai, Andi.

Selain mengalami peningkatan debit air, volume sampah kiriman juga mengalami peningkatan hingga membuat petugas harus bekerja ekstra dalam membersihkan aliran kali.

Sejumlah alat berat hingga truk pengangkut sampah dikerahkan agar sampah tak menghambat aliran kali.

Warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung pun diminta untuk waspada akan datangnya banjir kiriman terlebih hujan lokal masih mengguyur wilayah Jakarta hingga Sabtu pagi.

“Imbauan masyarakat yang tinggal di bantaran kali, khususnya Kali Ciliwung¬† tetep waspada, masih dalam pantauan di mana kita belum tahu beberapa jam berikutnya masih ada hujan lokal atau tidak, dikarenakan bila masih turun hujan lokal kemungkinan masih ada kenaikan,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.