Jakarta, ebcmedia – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi rencana kerja sama Aladdin Group dengan PT Bder Ventures Indonesia untuk mengembangkan dunia usaha social commerce, metaverse, education, tourism, dan games modules di Indonesia. Khususnya, dalam memasarkan produk halal dari berbagai pelaku UMKM Indonesia ke pasar internasional.
“Aladdin Group setidaknya telah hadir di 45 negara, dengan 5 miliar konsumen. Di mana 1,45 miliar di antaranya merupakan konsumen muslim. Bekerja sama dengan PT Bder Ventures Indonesia merupakan langkah strategis bagi Aladdin Group untuk semakin menguatkan posisinya di pasar produk halal dunia. Sekaligus memberikan keuntungan bagi Indonesia melalui PT Bder Ventures Indonesia agar berbagai produk halalnya bisa lebih mendunia,” ujar Bamsoet usai menerima Founder Aladdin Group Dato’ Sri Desmond To, di Jakarta, Senin (20/3/2023).
Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menuturkan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, sebagaimana dilaporkan Global Religious Futures yang memprediksi pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk muslim di Indonesia mencapai 229,6 juta jiwa atau sekitar 13 persen dari populasi muslim dunia, pengembangan potensi ekonomi syariah dan produk halal di Indonesia sangat besar.
Laporan State of Global Islamic Economy Report (SGIE) 2020/2021 mencatat peran Indonesia dalam tujuh sektor ekonomi syariah dunia sangat kuat. Misalnya pada sektor makanan halal, dari total USD 1,17 triliun yang dikeluarkan oleh 1,9 miliar penduduk muslim dunia, sebesar USD 144 miliar diantaranya berputar di Indonesia. Dari USD 66 miliar ekonomi syariah pada sektor kosmetika halal, sebesar USD 4 miliar diantaranya berputar di Indonesia. Serta dari sekitar USD 2,88 triliun industri keuangan syariah dunia, sebanyak USD 99,2 miliar diantaranya berputar di industri keuangan syariah Indonesia.
“SGIE Report 2020/2021 juga memprediksi pada tahun 2024 tingkat konsumsi pangan halal dunia naik dari USD 1,17 triliun pada 2019 menjadi USD 1,38 triliun. Konsumsi mode muslim akan meningkat dari USD 277 miliar menjadi USD 311 miliar. Peningkatan tersebut tidak hanya terjadi di negara-negara mayoritas penduduk muslim seperti Timur Tengah, melainkan juga berbagai negara mayoritas non-Muslim lainnya seperti di kawasan Eropa. Sebab para konsumen non muslim juga meyakini keberadaan label halal tidak hanya terkait agama, tetapi juga terkait kebersihan dan keamanan sebuah produk,” jelas Bamsoet.
Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, SGIE juga melaporkan pada tahun 2019 saja tercatat 1,9 miliar muslim di berbagai penjuru dunia membelanjakan USD 2,02 triliun untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap berbagai produk yang sesuai prinsip syariah. Menunjukan betapa besarnya potensi pasar ekonomi syariah dan produk halal dunia.
“Memajukan penduduk muslim melalui berbagai produk maupun industri berbasis syariah bukanlah untuk memusuhi penduduk agama lain. Melainkan sebagai alternatif jalan keluar atas kondisi dunia yang sudah karut marut akibat terlalu lama dirundung kapitalisme dan liberalisme, yang menjadikan si kaya semakin melejit, si miskin semakin terhimpit. Wajah dunia tidak boleh lagi didominasi pertentangan antara kaya dengan miskin. Melainkan harus diubah menjadi saling tolong menolong, solidaritas antar manusia yang memberikan kesempatan kepada siapapun mencapai kesejahteraan dan kemakmuran,” terangnya. (Wan)