Tips Menghindari Perut Kekenyangan saat Berbuka Puasa

oleh -682 Dilihat
oleh
Sumber Gambar : Pivabay.com
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Setelah seharian menahan lapar dan haus, ketika melihat aneka makanan di meja saat berbuka puasa, pasti kita tidak sabar untuk menikmatinya. Saat berbuka puasa, mudah juga terbawa suasana dan menjadi makan berlebihan. Akibatnya, kekenyangan saat berbuka puasa membuat perut terasa begah dan sangat tidak nyaman.

Tetapi hati-hati, jangan sampai niat puasa yang membawa manfaat kesehatan dan menambah pahala, malah berujung pada gangguan kesehatan perut (kekenyangan).

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada diri kita, kita bisa mengontrol diri dengan menghindari makan kekenyangan di saat berbuka puasa agar perut tidak kekenyangan atau begah. beberapa tips supaya tidak kekenyangan disaat berbuka puasa :

1.Mengonsumsi Air Putih

Air Putih akan membantu menyerap makanan lebih cepat, hingga meredakan kekenyangan. Air Putih akan mendorong makanan dan membantu buang air besar menjadi lebih cepat.

2. Menggerakan Badan

Bergerak ringan seperti berjalan santai perlahan akan membantu makanan melewati usus lebih cepat dan meringankan rasa mulas saat begah. Berjalan juga akan membantu mengerungi kadar gula darah dan trigliselida.

3. Berhenti Mengonsumsi Makanan 

Saat sudah kenyang setelah berbuka puasa, lebih baik hentikan makan dan tunggu beberapa saat untuk melanjutkan. Jangan makan terburu-buru karena akan membuat perut bekerja ekstra.

4. Tidak Tidur Dan Berbaring Setelah Berbuka Puasa

Kekenyangan setelah buka puasa sering kali akan membuat orang mengantuk. Tetapi perlu diketahui bahwa tidur bukan cara yang tepat untuk mengatasi kekenyangan. Lebih baik hindari berbaring setelah makan, tunggu kira-kira 3 jam setelah makan untuk tidur atau berbaring. (Rz)

 

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.