MAKI Desak KPK Periksa Hakim Pengawas RBS

oleh -217 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta,ebcmedia– Komunitas Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (22/2)2024).

Dalam aksi kali ini, massa menuntut segera diperiksa hakim pengawas pada Pengadilan Niaga di PN Jakpus “RBS SH MH” yang diduga telah mempengaruhi hakim pemutus untuk mengubah penetapan putusan.

Dalam pernyataan sikapnya,massa menilai hakim pengawas pada Pengadilan Niaga di PN Jakpus diduga melanggar kode etik hakim dan berpotensi melakukan tindak pidana korupsi, karena disinyalir menyalahgunakan wewenangnya dengan berulang kali mengubah penetapan putusan.

“Hakim pengawas RBS SH MH diduga melakukan praktik makelar kasus dengan perbuatan penyalahgunaan wewenang dalam Perkara Nomor 226/Pdt.Sus-PKPU/2023/PN Niaga Jakpus di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” ucap Feri Kurniawan, koordinator aksi

Hal ini terbukti putusan yang awalnya mewajibkan debitur membayar utang Rp 500 miliar diubah penetapannya oleh hakim pengawas menjadi tidak ada kewajiban membayar kewajiban tersebut.

“Oknum hakim RBS SH MH diduga mengubah penetapan hakim pemutus perkara dengan menghilangkan kewajiban debitur untuk membayar kewajiban kepada pemohon,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.