Menteri Bahlil: Proyek PT LCI di Cilegon Rampung 2025

oleh -785 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, rampung pada 2025.

Proyek ini adalah salah satu investasi untuk mendukung substitusi impor. Proyek yang sempat mangkrak pembangunannya selama 4 tahun ini, bakal menciptakan lapangan kerja baru hingga 15.000 lowongan kerja.

Pemerintah berencana membentuk tim dengan melibatkan satuan tugas dari Jaksa Agung dan Wakapolri untuk menyelesaikan beberapa isu yang dialami oleh LCI, seperti kompensasi dukungan sosial masyarakat, penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) serta perlindungan keamanan.

“Pembangunan investasi LCI ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengurangi ketergantungan kita selama ini pada produk impor petrokimia supaya mendorong laju perekonomian Indonesia. Saat pabrik LCI beroperasi nanti, kami harap hasil produksinya akan berperan secara signifikan sebagai substitusi impor yang akan menghemat devisa negara,” jelasnya dilansir dari Antara, Senin (13/3/2023).

Bahlil juga berharap agar investasi tersebut juga secara langsung akan memberikan multiplier effect atau dampak ganda positif terhadap berbagai industri terkait lainnya, termasuk pada perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja di wilayah Provinsi Banten, khususnya Kota Cilegon.

“Investasi ini kurang lebih bernilai Rp60 triliun. Penciptaan lapangan kerja menjelang akhir 2023 akan mencapai 15.000 di mana 95% adalah tenaga kerja lokal Indonesia. Produk yang dihasilkan merupakan produk petrokimia, 50% akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan diekspor,” ungkap Bahlil. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.