Atasi Kemacetan, Bakal Dibangun Jalan Tol Caringin-Puncak-Cianjur

oleh -768 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmediaJalan tol yang akan menembus daerah Puncak, Jawa Barat, akan dibangun oleh pemerintah.

 

Sehingga, nantinya masyarakat memiliki alternatif jika jalur puncak macet, bisa lewat jalan bebas hambatan.

 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menjelaskan, proyek jalan tol Caringin-Puncak-Cianjur sudah masuk dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Tol dengan target terbangun/operasi pada 2030-2034.

 

Adapun, pembangunan jalan tol itu memakan biaya Rp24,37 triliun yang terdiri lima seksi tol sepanjang 51,8 km. Secara rinci, seksi 1 sepanjang 11,6 km sekitar Rp3,1 triliun.

 

Kemudian, seksi 2 sepanjang 6,9 km sebesar Rp2,4 triliun, seksi 3 sepanjang 9,7 km sebesar Rp8,02 triliun. Lalu, seksi 4 sepanjang 7,3 km sebesar Rp1,68 triliun dan seksi 5 sepanjang 16,3 km sebesar Rp 9,07 triliun.

 

“Jalan Tol Caringin-Puncak-Cianjur telah tercantum dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Tol dengan target terbangun atau operasi pada 2030-2034,” ujar Danang dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, yang dikutip dari suara.com, Rabu (29/3/2023).

 

Menurutnya, biaya proyek tol puncak ini masih perkiraan rencana awal. Sebab, jika sudah dilakukan studi kelayakan, maka bisa jadi biaya proyek tol tersebut bisa turun atau justru meningkat.

 

Danang melanjutkan, pembangunan tol puncak ini sebenarnya sudah dimulai pada tahun 2023. Pada tahun ini, pihaknhya fokus mengerjakan studi kelayakan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), hingga Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT).

Kemudian, pada 2024, pemerintah juga melanjutkan pembangunan jalan tol Puncak dengan mengerjakan proses pengadaan tanah dan Detail Engineering Design (DED).

 

“Saat ini sudah diberikan izin untuk kajian studi pada PT Matra Sarana Arsitama dan Swoosh Capital KFT,” imbuh dia. (Gio)

No More Posts Available.

No more pages to load.