Mediasi Gagal Once tak lagi Nyanyikan Lagu Dewa 19 Ciptaan Ahmad Dani

oleh -291 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Setelah bertemu secara empat mata dengan Ahmad Dhani, dengan tegas Once tidak akan membawakan lagu ciptaan Ahmad Dhani.

Hal tersebut disampaikan oleh Once saat jumpa pers pernyataan sikap Komposer Bersatu di gedung Kementrian Hukum dan Ham pada selasa (18/04/2023).

“saya gak akan lagi akan membawakan lagu Dhani baik sendiri maupun sama Dewa-19 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan,” ujar Once Mekel.

Pernyataan sikap Once itu dibuat secara pribadi untuk menghargai Ahmad Dhani, karena menurutnya tidak ada larangan sebagai penyanyi untuk menyanyikan lagu ciptaan seseorang.

“saya kira itu bukan penerapan hukum positif, itu hanya pribadi saja, kalau hukum positif kita sampai hari ini tidak ada larang-larangan”

Pernyataan sikap dari Once tersebut merujuk dari pasal 23 ayat 5 nomor 28 tahun 2014 yang menyebutkan bahwa Setiap Orang dapat melakukan Penggunaan Secara Komersial Ciptaan dalam suatu pertunjukan tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pencipta dengan membayar imbalan kepada Pencipta melalui Lembaga Manajemen Kolektif.

Sementara itu, Ahmad Dhani memberikan tanggapan atas pernyataan Once dalam membawakan lagu ciptaannya di masa mendatang.

“semua pengarang lagu sepakat (penyanyi lain yang akan membawakan lagu) harus ada izin”

Ia merujuk pada pasal 9 nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan perizinan lagu yang berbunyi Setiap Orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan.

“Kalau di pasal 9 pencipta tidak mengizinkan, itu tidak boleh, di pasal 9 sah seizin pencipta “ Kata Ahmad Dhani, Selasa (18/04/2023).

Keduanya kemudian saling berargumen pada dasar hukum yang diyakini benar oleh masing masing. Once meyakini jika pasal yang khusus mengalahkan yang umum terkait pasal 23 ayat 5 nomor 28 tahun 2014 yang bersifat khusus.

Sementara menurut Ahmad Dani pasal 19 lah yang berlaku dan hal tersebut dikuatkan oleh menkumham yang nota bene ahli atau pakar hukum.

Diketahui dalam tanda tangan kontrak yang dilakukan dengan Event Organiser (EO), Once mengaku bahwa EO lah yang bertanggung jawab atas royalti terhadap setiap penampilan Once.

Keterangan tersebut ditegaskan pula oleh Dhani bahwa Once memang tidak memiliki tanggung jawab untuk membayar royalti

“saya tegaskan bahwa once tidak ada kewajiban untuk membayar royalti, yang berkewajiban itu EO”

Perseteruan Ahmad Dhani dan Once dimulai saat Ahmad Dhani memberikan larangan kepada Once untuk membawakan lagu ciptaan Ahmad Dhani maupun lagu-lagu Dewa-19.

Alasan pelarangan tersebut untuk menjaga marwah band Dewa-19 yang akan melakukan tur dua minggu sekali setelah lebaran.

Untuk menemukan titik tengah dalam permasalahan royalti maupun perizinan lagu, Ahmad Dhani, Once, dan kumpulan musisi lainnya akan melakukan Forum Grup Discussion dua minggu setelah lebaran.***Dian/HKS/sr

No More Posts Available.

No more pages to load.