Mercado Culinário Indonésio 2023: Indonesia Ajak Thailand dan Filipina di Lisabon

oleh -1114 Dilihat
oleh
banner 468x60

Lisabon, ebcmedia – Bertempat di Halaman KBRI Lisabon, Indonesia mengajak Thailand dan Filipina menggelar acara Mercado Culinário Indonésia 2023 (promosi kelezatan kuliner Indonesia), Sabtu (27/5/2023).

Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso mengatakan, acara kali ini cukup special karena mengundang partisipasi dari negara-negara ASEAN yaitu Filipina dan Thailand, yang tergabung dalam asosiasi ACLP (ASEAN Committee in Lisbon Portugal).

“Acara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat Portugal untuk menjelajahi ragam kuliner Indonesia dan dua negara ASEAN lainnya,” ujarnya.

Menurut Dubes RI, Mercado Culinário Indonésio 2023 (MCI) merupakan sarana diplomasi efektif untuk memperkenalkan citra positif Indonesia serta meningkatkan hubungan ekonomi dan kebudayaan antara Indonesia dan Portugal.

Dalam suasana musim semi yang indah, Acara dibuka langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, beserta Duta Besar Filipina Celia Anna Feria dan Duta Besar Thailand Krongkanit Rakcharoen.

Tercatat lebih dari 850an pengunjung yang ingin merasakan kelezatan kuliner yang disajikan.

Terdapat sekitar 39 jenis makanan Indonesia yang dipamerkan, mulai dari nasi goreng, sate ayam, rendang, mie goreng, soto Lamongan, batagor, bakso sapi, gado-gado, hingga berbagai jenis gorengan dan cemilan.

Tidak ketinggalan beragam minuman segar, seperti es teler, es campur, es cendol, dan es buah, melengkapi sajian menu khas Indonesia.

Filipina memperkenalkan makanan dan minuman khas mereka seperti ayam adobo, halo-halo, laing, dan polvoron.

Sementara Thailand membawa hidangan seperti spring rolls, salad pepaya, ayam goreng Thailand, dan sticky rice.

Selain kuliner, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan seni budaya.

Grup mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Lisabon memainkan alat musik angklung mengiringi lagu Portugis, “Pica do Sete”, dan kemudian menampilkan tarian nusantara dengan medley lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

Penampil Filipina menampilkan tarian Kappa Malong Malong, serta Thailand mempertunjukkan tarian Seng Ka Po.

Di penghujung acara, Indonesia menutup sesi pertunjukan dengan tarian Serampang Laut yang memukau para hadirin.

Dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia, acara Mercado Culinário Indonésio 2023 juga menghadirkan agen perjalanan Martin Soares dan maskapai penerbangan Turkish Airlines.

Dalam promonya, Turkish Airlines memberikan hadiah doorprize berupa tiket perjalanan pulang-pergi dari Lisabon ke Istanbul untuk satu orang pemenang.

Kehebohan pecah saat pengumuman hasil undian oleh Duta Besar Rudy Alfonso, dan tepuk tangan meriah menyambut pemenang.

Salah satu pengunjung, Ibu Ana Gomes, eks Duta Besar Portugal untuk Indonesia, menyampaikan pandangannya terhadap pelaksanaan Mercado Culinário selama ini.

“Acara ini sangat positif, ini merupakan salah satu cara yang baik bagi Indonesia untuk mempromosikan kuliner dan budayanya di Portugal. Bagi saya pribadi, ini sudah kedua kalinya saya datang ke acara MCI untuk melepas rindu akan masakan Indonesia setelah kembali ke Portugal,” ujar Bu Ana hangat di sela-sela acara.

Duta Besar Rudy Alfonso menjelaskan bahwa dalam hal kuliner, “tasting is believing”.

Dia menyampaikan apresiasi bagi komunitas Indonesia di Portugal yang telah mendukung KBRI menyiapkan ragam sajian kuliner Indonesia untuk diperkenalkan ke khalayak Portugal.

Duta Besar Rudy juga menggarisbawahi upayanya mengundang Filipina dan Thailand mendapat respon yang luar biasa dari pengunjung, sekaligus memperlihatkan tingginya solidaritas di antara Perwakilan negara ASEAN.*** Red. (Sumber Humas KBRI portugal by; Ajeng Widianty).

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.