Masjid Istiqlal Gelar Sholat Gerhana

oleh -762 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Tepat di hari ke 29 ramadhan 1444 hijriah , ratusan jamaah Masjid Istiqlal, Jakarta, mengikuti shalat kusuf atau gerhana matahari pada, Kamis (20/04/2023).

Selain merupakan ibadah rutin setiap terjadinya gerhana, shalat kusuf dua rakaat tersebut dilakukan untuk melaksanakan perintah sunah nabi saat terjadinya fenomena alam.

Shalat dua rakaat tersebut di pimpin langsung Ustad Salim Ghazali dan di ikuti oleh para jamaah termasuk imam besar Masjid Istiqlal , KH Nazarudin Umar.

Kepala bidang Takmir Masjid Istiqlal menyebut selain kegiatan ibadah rutin, shalat gerhana matahari ini digelar untuk melaksanakan perintah sunah nabi saat terjadinya fenomena alam.

Shalat gerhana matahari juga dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan ketaqwaan, iman serta mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

“Pesan bahwa gerhana matahari ini adalah kejadian alam yang bukan sebagaimana dulu diasumsikan oleh sebagian umat bahwa gerhana itu terjadi karena misalnya kesedihan terhadap sesuatu,”

“Bukan itu, jadi kami meluruskan akidah umat islam, bahwa gerhana bulan maupun matahari ini adalah kejadian alam namun rasulullah saw memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat,” ucap KH Bukhari Sail Attahiri.

Usai menggelar ibadah shalat gerhana matahari, para jamaah juga mendengarkan langsung Khotbah yang disampaikan oleh Khatib Ustad Martono Malaing terkait fenomena gerhana matahari. *** Oby

No More Posts Available.

No more pages to load.