KY Mulai Wawancara 19 Calon Hakim Agung dan 3 Calon Hakim ad hoc HAM di MA Tahun 2024

oleh -92 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta,ebcmedia– Komisi Yudisial (KY) menggelar wawancara terbuka terhadap 19 calon hakim agung dan 3 calon hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) pada Senin sampai Kamis, 8 – 11 Juli 2024 di Auditorium Komisi Yudisial, Jakarta.

Selain dapat disaksikan langsung, wawancara disiarkan melalui kanal resmi Youtube KY pada tautan https://youtube.com/c/KomisiYudisialRI, masyarakat juga dilibatkan dalam tes wawancara dengan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung terhadap para calon.

“Mulai hari ini, 8 Juli 2024 sampai dengan 4 hari ke depan akan dilaksanakan wawancara. Tahap ini akan menggali beberapa aspek di antaranya kenegarawanan; visi, misi dan komitmen, integritas, wawasan pengetahuan hukum dan peradilan, serta kompetensi bidang yang sesuai kamar,” buka Ketua KY Amzulian Rifai.

Para calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA diwawancarai oleh tujuh komisioner Komisi Yudisial dan pewawancara tamu.Masyarakat juga dapat memberikan pertanyaan sebagai bagian dari proses uji publik oleh masyarakat.

“Proses uji publik oleh masyarakat ini akan menjadi salah satu pertimbangan kelulusan para calon,” lanjut Amzulian.

Berikut adalah jadwal lengkap wawancara calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA 2024:

– Hari pertama, Senin (8/7/2024) menghadirkan 6 calon hakim agung kamar Pidana, yaitu Abdul Azis, Ahmad Shalihin, Alimin Ribut Sujono, Aviantara, Andeas Eno Tirtakusuma, dan Annas Mustaqim.

– Hari kedua, Selasa (9/7/2024) menghadirkan 2 calon hakim agung kamar Pidana, yaitu Khamim Thohari dan Setyanto Hermawan, kemudian 4 calon hakim agung kamar Tata Usaha Negara (TUN) khusus pajak yaitu Diana Malemita Ginting, Doni Budiono, L. Y. Hari Sih Advianto, dan Tri Hidayat Wahyudi.

– Hari ketiga, Rabu (10/7/2024) menghadirkan 2 calon hakim agung kamar TUN yaitu Hari Sugiharto dan Mustamar, serta 3 calon hakim agung kamar Perdata yaitu Ennid Hasanuddin, Gunawan Widjaja, dan Ig. Eko Purwanto.

– Hari keempat, Kamis (11/7/2024) menghadirkan 3 calon hakim ad hoc HAM di MA, yaitu Agus Budianto, Bonifasius Nadya Arybowo, dan Mochammad Agus Salim, serta 2 calon hakim agung kamar Agama, yaitu Lailatul Arofah dan Muhayah.

Komisi Yudisial membuka pendaftaran untuk 2 hakim agung Kamar Perdata, 3 hakim agung Kamar Pidana, 1 hakim agung Kamar Agama, 1 hakim agung Kamar Tata Usaha Negara (TUN), 3 hakim agung Kamar TUN khusus pajak, serta 3 hakim ad hoc HAM di MA.(RK).

No More Posts Available.

No more pages to load.