Cegah Rabies, Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

oleh -58 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, ebcmedia – Puluhan hewan peliharaan milik warga di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, mendapatkan layanan vaksinasi rabies gratis yang digelar Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023).

Dengan membawa hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, hingga kera, para warga nampak antusias mendatangi kantor RW 1 tempat digelarnya vaksinasi.

Kepala Satuan Pelaksana Sudin KPKP Kecamatan Gambir Ajat Sudrajat menyebutkan, vaksinasi gratis ini rutin digelar setiap satu tahun guna mempertahankan Ibukota Jakarta sebagai kota bebas rabies.

Dia menargetkan sebanyak 400 ekor hewan peliharaan warga di 6 kelurahan wilayah Gambir mendapatkan layanan vaksinasi gratis.

“Sekarang ada pelaksanaan vaksinasi rabies yang dilaksanakan setiap tahun secara rutin. Hal ini untuk mempertahankan DKI bebas rabies,” tukasnya.

Oleh karena itu, sambung Ajat, hewan penular rabies, seperti  anjing, kucing, kera, musang wajib disuntik vaksin rabies setahun sekali.

“Ini hari pertama untuk Kecamatan Gambir kita laksanakan di Rw 1. Target kita untuk keseluruhan 6 kelurahan 400 ekor,” tandasnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, dari 11 kasus kematian yang disebabkan oleh rabies, 95 persen disebabkan oleh gigitan anjing. Hingga April 2023, sudah ada 31.113 kasus gigitan hewan penular rabies.

Dari 11 provinsi, Ibukota Jakarta menjadi salah satu provinsi yang dinyatakan bebas rabies. (Oby)

No More Posts Available.

No more pages to load.